Categories: Kesehatan

WHO Sebut Virus Corona Menyebar Lewat Udara

BeritaMu.co.id

Setelah sempat dianggap hoax beberapa waktu lalu, kini WHO mengakui bahwa ada bukti jika virus corona menyebar lewat udara atau airborne.  

Pernyataan WHO tentang COVID-19 menyebar lewat udara ini tertuang dalam pernyataan resmi sebanyak 10 halaman yang dipublish pada Kamis (9/7/2020) lalu.

Dalam pernyataan resminya tersebut, WHO mendefinisikan ‘penularan virus corona melalui udara’ sebagai penyebaran aerosol (tetesan pernapasan yang sangat kecil) yang melayang di udara dalam jarak dan waktu yang lama. Jika droplet berdiameter kurang lebih 5-10 μm, namun aerosol ini berdiameter kurang dari 5 μm sehingga dapat menempel di udara.

Baca Juga:

Dalam pernyataan tersebut juga tertera beberapa studi yang menunjukkan kemungkinan droplet berukuran sangat kecil (mikrodroplet) yang dihasilkan saat batuk, bersin atau berbicara bisa membuat virus corona bertahan lebih lama di udara dalam ruang tertutup dan dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

Ruangan tertutup dengan ventilasi buruk bisa membuat virus ini berada di udara selama berjam-jam dan dapat menginfeksi siapa saja.

Selama ini diketahui jika virus corona dapat menginfeksi seseorang lewat paparan langsung terhadap droplet (percikan liur) dari orang yang positif atau menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi virus, lalu menyentuh wajah dan mulut.

Related Post

Namun hingga kini, WHO dan para ahli masih mencari tahu berapa banyak dosis virus SARS-CoV-2 dalam aerosol yang bisa menginfeksi seseorang. Tapi perkembangan terbaru COVID-19 ini menambah panjang cara penularan virus corona yang harus semakin diwaspadai.

Protokol Kesehatan Terbaru Terkait Virus Corona Airborne

Menanggapi laporan WHO ini, Gugus Tugas COVID-19 memberikan protokol kesehatan baru untuk masyarakat luas.

Pakai masker di mana saja dan kapan saja, bahkan di dalam ruanganTetap terapkan jaga jarak saat beraktivitasRajin cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik serta hindari menyentuh bagian wajah sebelum mencuci tanganPerhatikan sirkulasi udara di mana berada. Ciptakan ruangan dengan ventilasi yang baik seperti misalnya membuka jendela sesering mungkin agar udara segar bisa masukBukan hanya di tempat kerja, namun juga kendaraan

Dengan mematuhi protokol kesehatan secara konsisten dan disiplin, diharapkan kita semua bisa terbebas dari penularan COVID-19 yang hingga hari ini masih terbilang tinggi di Indonesia.

Selain itu, kamu juga harus tahu jika setiap orang berpotensi menularkan dan tertular virus ini yang bisa membahayakan orang lain dan juga diri sendiri. Jadi sayangi diri sendiri dan orang lain dengan memakai masker dan jaga jarak selama beraktifitas.

Jika kamu punya masalah kesehatan, kamu bisa memanfaatkan konsultasi online dengan dokter terpercaya menggunakan aplikasi Okadoc. Kamu tidak perlu keluar rumah, cukup dengan handphone saja.

Yuk download aplikasi Okadoc sekarang juga di Play Store dan App Store.

https://www.okadoc.com/id-id/blog/kesehatan/virus-corona-menyebar-lewat-udara/

manchunian

Recent Posts

BSI Tempati Peringkat 30 ‘World’s Most Trustworthy Companies 2024’ Kategori Bank versi Newsweek

Beritamu.co.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) (IDX: BRIS) kembali menorehkan prestasi gemilang di…

19 mins ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpotensi Mencoba Menguat Kembali, 6 Saham Ini Bisa Jadi Pilihan Trading

Beritamu.co.id - Riset harian BNI Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup naik 0.97% diperdagangan kemarin (19/9), dan masih…

1 hour ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpotensi Mencoba Menguat Kembali, 6 Saham Ini Bisa Jadi Pilihan Trading

Beritamu.co.id - Riset harian BNI Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup naik 0.97% diperdagangan kemarin (19/9), dan masih…

1 hour ago

Peduli Keberlangsungan Produksi Beras, Bulog Gelar IIRC 2024 di Bali

Beritamu.co.id - Perum Bulog menyelenggarakan gelaran kegiatan bernama Indonesia International Rice Conference (IIRC) 2024…

2 hours ago

Imbas Kehadiran AI, Puluhan Juta Lapangan Pekerjaan Hilang di Tahun 2025

Beritamu.co.id - Kehadiran kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) atau otomasi di berbagai sektor kehidupan, akan…

2 hours ago

Cadangan Minyak AS Turun, Harga Minyak Dunia Naik

Beritamu.co.id - Harga minyak dunia naik pada Kamis (19/9/2024) dipicu penurunan cadangan minyak mentah…

3 hours ago