Home Bisnis MARKET Hilirisasi Produk holtikultura, Pemerintah Perluas Kerjasama Digital Pertanian

Hilirisasi Produk holtikultura, Pemerintah Perluas Kerjasama Digital Pertanian

12
0

Beritamu.co.id – Sebagai langkah peningkatan daya beli masyarakat dalam menekan inflasi global, ┬ápemerintah akan memperluas kerja sama dengan pelaku digital pertanian.

Kerjasama dengan pelaku digital pertanian bertujuan untuk peningkatan produktivitas maupun pemanfaatannya dalam rangka memperlancar distribusi, mempercepat tanam pangan pekarangan, misalnya cabai untuk mengantisipasi tinginya permintaan di akhir tahun.

“Dan jangka menengah tentu mengembangkan berbagai produk dan program dalam hilirisasi produk holtikultura,” ungkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Kamis (22/9).

Disisi lain, kata Airlangga, sarana dan prasarana penyimpanan seperti cold storage juga terus diperbanyak dan diperkuat.

Utamanya untuk daerah sentra produksi agar petani bisa berproduksi dan adanya kejelasan pembeli, sehingga dengan demikian kecukupan pasok bisa dipertahankan lebih lama disimpan.

“Kami juga mengarahkan pemerintah daerah untuk mengoptimalisasi penggunaan biaya tidak teduga, sebesar 2 persen dalam rangka pengendalian inflasi maupun penanggulangan harga BBM serta memperkuat TPID-TPID dengan gerakan nasional pengendalian inflasi agar dapat segera menstabilkan harga,” urainya.

Dia menambahkan, inflasi diperkirakan akan meningkat di September dan berbagai pengalaman dalam kenaikan BBM inflasi akan cenderung menurun dalam 3-4 bulan ke depan.

Baca Juga :  ANALIS MARKET (14/9/2022) : IHSG Diperkirakan Bergerak Melemah

“Dan tentunya dengan berbagai program bantuan sosial untuk sektor transportasi dengan dana DTT dan 2 DTU pemerintah optimis inflasi pangan dapat ditekan di bawah 5 persen,” pungkas Airlangga.


https://pasardana.id/news/2022/9/23/hilirisasi-produk-holtikultura-pemerintah-perluas-kerjasama-digital-pertanian/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here