Categories: MARKET

PLN Serahkan 200 Sertifikat EBT ke Lokasi Penyelenggaraan KTT G20

Beritamu.co.id – BUMN Kelistrikan milik negara, PT PLN  (Persero) mendukung penggunaan listrik ramah lingkungan di The Apurva Kempinski Bali, yang turut menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20 mendatang.

Dukungan tersebut diwujudkan dengan penyerahan 200 unit sertifikat energi baru terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC).

Lewat keterangan tertulis, Selasa (13/9/2022), General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana mengatakan, hal ini menjadi salah satu tanda bahwa kesadaran dari industri dan pelaku usaha terhadap pentingnya penggunaan energi hijau semakin meningkat.

Hal ini pun sesuai dengan isu utama yang diusung dalam KTT G20 tentang transisi energi berkelanjutan.

“Tentu ini menjadi bukti bahwa pelaku pariwisata dapat turut ambil bagian memberi contoh untuk meningkatkan kesadaran terhadap perubahan iklim, dan kami berharap, ini dapat memicu pelaku pariwisata lainnya untuk mengambil langkah yang sama,” ujarnya.

Lebih lanjut Udayana juga menjelaskan, bahwa Hotel Apurva Kempinski menjadi Venue G20 Pertama yang memanfaatan REC, ini berarti nantinya saat melayani delegasi KTT G20 sudah menggunakan listrik yang bersumber dari energi hijau, yang sumbernya saat ini berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang dengan kapasitas pembangkit 140 megawatt (MW).

“Sertifikat yang diserahkan sejumlah 200 unit dan setara dengan 200 megawatt-hour (MWh) yang berlaku sejak 1 Agustus 2022, sedangkan pemakaian hotel sendiri saat ini di atas 20.000, di mana masih terdapat potensi REC yang bisa dikerjasamakan,” terangnya.

Related Post

Dirinya juga berharap, kerja sama ini akan diikuti oleh lembaga ataupun pihak lainnya yang terlibat dalam kegiatan KTT G20 mendatang untuk ikut memanfaatkan listrik yang bersumber dari energi baru terbarukan dengan memanfaatkan REC PLN.

“Kami berharap, melalui pemberian REC ini dapat memberikan kontribusi nyata untuk mendorong transisi energi sekaligus menjadi contoh bagi hotel-hotel lainnya di Bali,” ujar Udayana.

Sebagai informasi, PLN per Agustus 2022, telah menyediakan REC yang setara 4.243 megawatt-hour yang dimanfaatkan oleh 15 pelanggan dari kelompok industri dan bisnis.

 


https://pasardana.id/article/2022/9/14/pln-serahkan-200-sertifikat-ebt-ke-lokasi-penyelenggaraan-ktt-g20/

Yulia Vera

Recent Posts

Paradise Indonesia Manfaatkan Tren Pertumbuhan Wisata untuk Dorong Kinerja di Semester II 2024

Beritamu.co.id — PT Indonesian Paradise Property Tbk (IDX: INPP), yang dikenal dengan properti-properti ikoniknya di…

11 mins ago

BCA Ajak 92 Pelaku UMKM Ikuti Program Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024 di Medan

Beritamu.co.id - Sebagai wujud nyata atas dukungan BCA terhadap kemajuan UMKM Indonesia, PT Bank…

2 hours ago

Indeks Nikkei Melonjak 1,53 Persen

Beritamu.co.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, melonjak 568,58 poin, atau…

2 hours ago

Indeks Kospi Naik 0,49 Persen

Beritamu.co.id - Indeks Kospi di Bursa Efek Korea, Seoul, Korea Selatan, naik 12,57 poin,…

3 hours ago

PELNI Salurkan Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi Poltekpel Surabaya

Beritamu.co.id-PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyalurkan bantuan dana beasiswa bagi mahasiswa…

3 hours ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Diperkirakan Cenderung Bergerak di Zona Hijau

Beritamu.co.id - Riset harian FAC Sekuritas menyebutkan, pada perdagangan kemarin (19/9), IHSG ditutup menguat…

5 hours ago