Home edukasi Cara Memperbaiki Klakson Mobil yang Bermasalah

Cara Memperbaiki Klakson Mobil yang Bermasalah

6
0
Liputan6.com

Beritamu.co.id, Jakarta – Klakson berfungsi sebagai alat komunikasi saat berkendara dengan pengendara lain. Selain itu juga klakson adalah salah satu fitur keselamatan karena berguna untuk meminimalisasi risiko kecelakaan.

Seperti komponen lainnya, klakson juga bisa rusak atau bermasalah. Dalam beberapa kasus, kerusakan pada klakson membuat suaranya mengecil sampai tidak berfungsi atau tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Tapi tenang, klakson yang rusak bisa diperbaiki secara mandiri. Namun jika Kamu tidak terbiasa memperbaikinya maka ada baiknya meminta teknisi profesional dalam karena harus membuka bagian-bagian mobil.

Beberapa tipe mobil bahkan mengharuskan membuka airbag untuk sekadar memperbaiki klakson.

Berikut cara memperbaiki klakson mobil yang suaranya kecil:

● Langkah pertama, ketahui dulu jenis kerusakannya. Mendeteksi kerusakan yang terjadi dapat membantu Kamu untuk memutuskn cara memperbaikinya

● Buka kap mesin dan mintalah seseorang membunyikan klakson. Pastikan apakah benar volume klakson sangat kecil. Banyak mobil memiliki 2 unit klakson atau lebih.

Jika bunyi klakson terlalu rendah, berarti ada kemungkinan satu di antaranya atau mungkin lebih dari itu sedang mengalami masalah.

Baca Juga :  Enam Penyebab Electric Power Steering Bermasalah

● Langkah selanjutnya, lepaskan konektor kabel. Klakson mempunyai sekering dengan kawat yang mengarah keluar. Untuk melepaskan konektor tersebut, tarik ke bawah ujung konektor lalu tarik keluar.

Lepaskan baut baut yang menempel pada pada kabel dan lanjut bersihkan komponen tersebut. Bila sudah selesai, pasangkan kembali.

● Kamu bisa membeli klakson baru bila yang lama sudah dibersihkan, namun masalah tidak juga teratasi. Kamu bisa membeli klakson yang sejenis atau yang umum duginakan.

 

Ada-ada saja aksi pengendara motor perempuan ini ketika menghidupkan sein kanan tapi belok kiri.

https://www.liputan6.com/otomotif/read/5068760/cara-memperbaiki-klakson-mobil-yang-bermasalah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here