Home Bisnis ‘Perang’ Lawan Corona, Ini Jurus-jurus OJK Perkuat Ekonomi RI

‘Perang’ Lawan Corona, Ini Jurus-jurus OJK Perkuat Ekonomi RI

5
0
'Perang' Lawan Corona, Ini Jurus-jurus OJK Perkuat Ekonomi RI

Jakarta, BeritaMu.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan sektor keuangan dalam negeri harus mencari sumber pertumbuhan baru di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini.

Sebab, saat ini pertumbuhan masih bergantung pada konsumsi rumah tangga yang saat ini jelas-jelas mengalami kontraksi.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan salah satu upaya yang telah dilakukan OJK untuk mendorong pertumbuhan ini adalah penguatan daya saing jasa keuangan dan pengembangan digitalisasi di sektor tersebut.

“Dalam kondisi sekarang ini pertumbuhan ekonomi lebih banyak didukung dan didorong konsumsi rumah tangga sehingga kalau supaya mempunyai ruang, perbankan ke depan sehingga kita harus cari sumber pertumbuhan ekonomi baru,” kata Wimboh dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (15/9/2021).

“OJK senantiasa selalu memberikan peluang kepada pertumbuhan yang tidak hanya berdasarkan konsumsi sehingga kami mempunyai beberapa strategi penguatan ke depan terutama dalam penguatan perekonomian yang berdasarkan pertumbuhan yang lebih sustain,” lanjutnya.

Baca Juga :  Investor Wait & See, IHSG Kembali Ditutup Terkoreksi

Upaya yang dilakukan seperti penguatan ketahanan daya saing melalui penguatan permodalan dan akselerasi sektor jasa keuangan agar memiliki ruang pertumbuhan yang lebih leluasa, terutama untuk pertumbuhan keuangan syariah.

Selanjutnya adalah meningkatkan bisnis proses sektor jasa keuangan yang mengandalkan digitalisasi.

OJK telah melakukan pengembangan klaster digital UMKM, terutama yang masih bisa masuk dengan skala perbankan melalui penggalangan dana menggunakan securities crowd funding (SCF).

“Dan kerja sama dengan lembaga pemerintah terutama untuk proyek pemerintah dan kami tingkatkan edukasi dan akses masyarakat ke sistem keuangan melalui berbagai program seperti bank wakaf mikro, literasi dan edukasi dan kerja sama dengan program pemerintah melalui bumdes dan bumades,” tandasnya.

[]

(…)

Demikian berita mengenai ‘Perang’ Lawan Corona, Ini Jurus-jurus OJK Perkuat Ekonomi RI, ikuti terus update berita dari kami

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20210915162146-17-276555/perang-lawan-corona-ini-jurus-jurus-ojk-perkuat-ekonomi-ri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here