Home Bisnis Sukses Rebound! Harga CPO Merah Tipis Saja Pekan Ini

Sukses Rebound! Harga CPO Merah Tipis Saja Pekan Ini

9
0
Sukses Rebound! Harga CPO Merah Tipis Saja Pekan Ini

Jakarta, BeritaMu.co.id– Harga komoditas minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) yang sempat longsor di awal pekan berhasil naik di akhir pekan ini dan memangkas koreksi.

Harga kontrak CPO di Bursa Malaysia Derivatif Exchange kontrak pengiriman 3 bulan ke depan terkoreksi 0,53% ke level RM 4.310/ton pada perdagangan pekan ini.

Sejatinya pada awal pekan (30 Agustus lalu) CPO sempat ambrol parah pada perdagangan hari kedua dan terkoreksi 3,62% sejak awal pekan, namun apresiasi pada akhir pekan berhasil menyelamatkan muka minyak nabati.

Koreksi minyak sawit terjadi akibat pembatasan sosial yang diketatkan di dua produsen besar, yakni Indonesia dan Malaysia guna meredam penyebaran penyakit akibat virus corona (Covid-19).

Kasus Covid-19 di Indonesia selama sebulan terakhir sempat melesat sebelum melandai di awal bulan September. Pemerintah juga sudah melakukan pelonggaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Tetapi penambahan kasus di Malaysia justru sedang tinggi-tingginya.

Sementara itu, Jim Teh, trader CPO senior di Interband Group Companies, persediaan di Indonesia dan Malaysia akan membebani sentimen pasar.

“Ada surplus minyak sawit di pasar, Indonesia sekitar 4 juta ton dan Malaysia sekitar 1,5 juta ton. Harga CPO saat ini sangat tinggi, dan berisiko merosot dalam waktu dekat,” kata Teh, sebagaimana dilansir The Star, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga :  Jalan Terang Mulai Terlihat, China-Australia Mau Damai Nih?

“Selain itu, dengan biaya produksi sekitar RM 1.500 hingga RM 1.800 per ton, harga CPO saat ini dipandang sebagai permainan spekulatif,” tambahnya.

Sementara itu, trader lainnya David Ng, mengatakan laporan ekspor terbaru akan mempengaruhi sentimen pasar.

AmSpec Agri Malaysia sebelumnya mengatakan ekspor CPO dan produk turunannya pada periode 1 sampai 25 Agustus turun 12,27% menjadi 988.809 ton, dibandingkan periode yang sama bulan Juli 1,13 juta ton.

“Melihat penurunan ekspor belakangan ini, kami memperkirakan CPO akan bergerak dalam rentang sempit dengan kecenderungan turun. Pada pekan depan harga akan berada di kisaran RM 4.100 sampai RM 4.380 per ton” kata David Ng.

Update Terus berita terkini di BertaiMU.co.id

[]

(trp/trp)

Demikian berita mengenai Sukses Rebound! Harga CPO Merah Tipis Saja Pekan Ini, ikuti terus update berita dari kami

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20210905092759-17-273707/sukses-rebound-harga-cpo-merah-tipis-saja-pekan-ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here