Home Bisnis Waspada! Suspensi Saham DCII Anthoni Salim Dibuka Hari Ini

Waspada! Suspensi Saham DCII Anthoni Salim Dibuka Hari Ini

150
0
Waspada! Suspensi Saham DCII Anthoni Salim Dibuka Hari Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Setelah nyaris 2 bulan lamanya, Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya akan membuka penghentian sementara perdagangan saham (suspensi) emiten data center PT DCI Indonesia Tbk (DCII) yang juga dimiliki oleh bos Indofood, Anthoni Salim.

Mengacu pengumuman yang disampaikan Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Lidia M. Panjaitan dan Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI, Irvan Susandy, suspensi ini akan dibuka pada perdagangan sesi pertama di BEI pada Kamis hari ini (12/8/2021).

“Merujuk pengumuman Bursa Nomor Peng-SPT-0093/BEI/WAS/06-2021 tanggal 16 Juni 2021 perihal penghentian sementara perdagangan saham DCI Indonesia pada 17 Juni lalu, dengan ini diumumkan suspensi perdagangan saham DCI Indonesia di pasar reguler dan pasar tunai dibuka kembali mulai perdagangan sesi I tanggal 12 Agustus 2021,” tulis pengumuman BEI, dikutip Kamis (12/8).

Saham DCII sebelumnya disuspensi BEI pada 17 Juni 2021 atau hampir 2 bulan seiring dengan terjadinya peningkatan harga saham DCII yang signifikan. 

BEI juga telah melakukan pemeriksaan atas transaksi saham DCII menindaklanjuti atas suspensi saham 17 Juni. Ini adalah suspensi kedua yang dilakukan setelah saham DCII naik secara signifikan.

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Kristian Manullang menjelaskan, saham DCII mengalami volatilitas harga secara terus menerus.

“Atas kondisi ini, kami sedang melakukan pemeriksaan atas transaksi saham DCII. Tujuan pemeriksaan ini untuk memastikan ada tidaknya indikasi manipulasi transaksi,” kata Kristian kepada awak media, Rabu (7/6/2021).

Seperti diketahui, saham DCII terakhir kali diperdagangkan pada level Rp 59.000 per saham pada Rabu (16/6/2021).

Perseroan baru melantai di pasar modal pada 6 Januari 2021 dengan harga penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) Rp 420 per saham. Saham DCII tercatat meroket 14.000% dari harga IPO.

Mengacu pemegang saham efektif DCII sampai 30 Juli 2021, saham ini dimiliki oleh Otto Toto Sugiri sebesar 29,90%, Marina Budiman 22,51%, Han Arming Hanafia 14,11%, ketiganya merupakan pemegang saham pengendali.

Sedangkan, Anthoni Salim tercatat menggenggam kepemilikan 11,12%. Sisanya, pemegang saham publik 22,36%.

Baca Juga :  Coba Cari Cuan di Awal Pekan Simak 8 Kabar dari Emien Ini

Manajemen DCII sebelumnya sudah memberikan penjelasan mengenai konversi saham DCII yang dilakukan Presiden Direktur Toto Sugiri dan Presiden Komisaris perusahaan Marina Budiman dari tanpa warkat (scriptless) menjadi warkat, pada Rabu lalu (4/8/2021).

Dalam keterbukaan informasi di BEI, Corporate Secretary DCI Indonesia Gregorius Nicholas Suharsono mengatakan, konversi saham yang dilakukan oleh kedua petinggi DCII tersebut dilakukan demi efisiensi.

“Pemegang saham utama menilai bahwa penyimpanan dalam bentuk warkat merupakan hal yang lebih efisien,” ujar Gregorius.

Gregorius menegaskan saat ini pengendali dan pemegang saham utama perseroan tidak memiliki rencana untuk mengubah kepemilikan saham perseroan.

Gadai Saham Anthoni Salim

Pada surat yang berbeda, pihak DCII juga menanggapi pemberitaan terkait transaksi gadai (pledged) saham yang dilakukan oleh bos Indofood Anthoni Salim, yang notabene salah satu pemegang saham perusahaan.

Menurut keterbukaan informasi di BEI, pada Rabu (4/8), Gregorius menjelaskan bahwa pihak perusahaan telah menerima surat pemberitahuan dari Anthoni Salim mengenai pelaksanaan gadai saham tersebut pada 15 Juni 2021.

Kemudian, Gregorius menyangkal bahwa transaksi gadai tersebut berhubungan dengan rencana bisnis DCII.

“Transaksi gadai saham yang dilakukan oleh Bapak Anthoni Salim tersebut tidak berhubungan rencana pengembangan bisnis Perseroan,” jelasnya.

Gregorius menambahkan, pihak DCII tidak pernah menerima aliran uang yang bersumber dari aktivitas yang dilakukan oleh pemegang saham perseroan.

Mengenai alasan Anthoni Salim menggadaikan (pledging) saham perusahaan, Gregorius mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya dari Anthoni, gadai saham tersebut dilakukan sebagai bagian rencana investasi Salim Group di Indonesia.

“Pada saat ini, tidak ada informasi/kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan serta dapat mempengaruhi harga saham perusahaan,” pungkas Gregorius.

[]

(…)

Demikian berita mengenai Waspada! Suspensi Saham DCII Anthoni Salim Dibuka Hari Ini, ikuti terus update berita dari kami

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20210811211808-17-267817/waspada-suspensi-saham-dcii-anthoni-salim-dibuka-hari-ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here