Home Berita Pilihan Cara jaga persahabatan meski berjauhan karena pandemi

Cara jaga persahabatan meski berjauhan karena pandemi

26
0

Jakarta (BeritaMu.co.id) – Selama pandemi COVID-19, mungkin hal yang paling dirindukan saat PPKM adalah bertemu dan bercerita dengan para sahabat.

Meski kebiasaan ini tak lagi bisa dijalankan, persahabatan harus tetap dijaga.

Saul Levine M.D. Professor Emeritus in Psychiatry, University of California, San Diego mengatakan semua orang membutuhkan sahabat. Persahabatan yang erat meningkatkan mood dan fungsi tubuh serta membantu kesehatan emosional dan fisik.

“Persahabatan harus dirawat dan dipertahankan selama bertahun-tahun. Sahabat bisa terbuka dan jujur dengan satu sama lain, mereka mentoleransi kelemahan masing-masing, menghargai perbedaan dan memberikan kritik jika perlu,” ujar Levine dalam keterangan resminya dikutip pada Minggu.

Lantaran dianggap penting, pentingnya persahabatan pun mendorong United Nations General Assembly menetapkan tanggal 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Internasional.

Akan tetapi, di masa pandemi ini, seluruh masyarakat dianjurkan untuk tetap di rumah masing-masing dan membatasi kegiatan di luar rumah. Hal ini tentunya mempengaruhi frekuensi untuk bertemu dengan para sahabat.

Meski sulit untuk bertemu dan berbagi cerita secara langsung, persahabatan harus tetap dijaga baik lewat komunikasi atau menunjukkan rasa kepedulian melalui makanan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempertahankan dan menjaga persahabatan tetap erat walau tak bisa bertatap muka secara langsung.

Komunikasi virtual

Selama masa pandemi setahun terakhir ini, laptop dan ponsel pintar semakin penting artinya sebagai alat komunikasi. Karyawan kantor melakukan meeting dan presentasi melalui aplikasi meeting virtual, begitu juga murid-murid yang bersekolah secara virtual.

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi komunikasi virtual untuk ngobrol dengan sahabat. Para sahabat pasti akan mendengarkan curahan hari dan memahami tantangan yang sedang dihadapi, dengan begitu Anda bisa merasa lebih lega. Berbagi cerita-cerita seru juga bisa bikin hubungan dengan sahabat tetap erat.

Baca Juga :  Traveling Hemat ke Korea: Tips Menghemat Biaya Akomodasi, Makanan, dan Transportasi

Main game online bersama

Selain melalui aplikasi komunikasi virtual, game online juga bisa menjadi cara untuk berkomunikasi dengan sahabat. Saat ini, game online sedang banyak dimainkan selama di rumah sebagai kegiatan untuk bersantai.

Banyak game yang seru untuk dimainkan sendiri dan lebih seru lagi kalau dimainkan bersama. Cari game yang Anda dan sahabat sama-sama suka dan ajak dia atau mereka untuk main bersama. Selain merasakan serunya bermain, Anda juga bisa main sambil ngobrol.

Membuatkan hadiah handmade

Saat ingin memberi hadiah, Anda bisa dengan mudah memilih barang-barang yang bisa ditemukan di berbagai situs e-commerce.

Kualitas barang tersebut biasanya sudah terjamin, bahkan diproduksi oleh merek ternama. Namun sebuah hadiah akan lebih istimewa kalau dibuatkan secara khusus apalagi kalau Anda yang membuatnya sendiri.

Cobalah buat hadiah handmade untuk sahabat. Hadiah ini bisa yang sederhana seperti gelang, scrapbook atau bingkai foto.

Mengirim makanan buatan sendiri

Sama seperti hadiah, Anda bisa memesan makanan dari restoran-restoran terkenal untuk dikirim ke sahabat. Memang makanan-makanan ini juga pasti dihargai dan dinikmati oleh sahabatmu.

Namun jika Anda memasak sendiri, usaha tersebut akan lebih dihargai. Terkadang makanan yang dimasak sendiri mungkin belum sama enaknya seperti yang dijual di restoran, tapi artinya akan jauh lebih berarti bagi sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here