Home Kesehatan Tips Kesehatan : Mengobati Bibir Bengkak Secara Alami

Tips Kesehatan : Mengobati Bibir Bengkak Secara Alami

169
0
Beritamu.co.id
Ilustrasi Bibir Indah Foto Taylor Swift

Beritamu.co.idTips Kesehatan : Mengobati Bibir Bengkak Secara Alami. Bibir merupakan bagian yang paling halus dari tubuh kita, oleh karena itu dapat membuat bibir sangat sensitif terhadap alergen, atau iritasi yang dapat menyebabkan bibir membengkak.

Bibir yang bengkak biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor seperti akibat gigitan serangga seperti lebah, tawon atau semut. Bisa jadi karena efek samping dari obat – obatan tertentu, kekurangan vitamin B, infeksi virus hingga cedera pada bibir. Nah, bagi anda yang mengalami pembengkakkan pada bibir nggak usah khawatir ataupun cemas. Sebab kalian bisa kok mengatasinya dengan melakukan cara – cara sederhana di bawah berikut ini !

  1. Kompres dingin atau hangat

Jika kalian mempunyai masalah mengenai bibir bengkak, maka salah satu cara yang praktis untuk kalian lakukan di rumah adalah dengan mengompresnya dengan menggunakan kompres dingin atau hangat. Apabila kalian ingin mengompres dengan kompres dingin, hanya dengan mengambil es batu. Kemudian bungkus es batu dengan menggunakan handuk, setelah itu kompreskan pada bibir yang bengkak. Sedangkan untuk caranya yang panas, maka kalian cukup mencelupkan handul ke dalam air hangat. Tekan handuk pada bibir selama kurang lebih 15 menit. ternyata panas dapat mengurangi akumulasi darah di daerah bengkak dan demikian akan mengurangi pembengkakkan. Kini bibir kalian yang bengkak dapat sembuh dengan menggunakan cara alami.

  1. Kantong teh

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan kantong teh. Untuk caranya cukup mudah sekali, pertama – tama cukup celupkan kantong teh ke dalam air hangat biarkan beberapa menit. setelah itu angkat kantong teh dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin baru deh kalian tempelkan pada bibir kalian selam kurang lebih 10-15 menit. dengan melakukan cara ini maka dapat menyembuhkan bibir kalian yang bengkak. Selain itu jika bibir kalian nggak ingin kering, maka kalian bisa mengoleskannya menggunakan lip balm supaya tetap terjaga kelembapannya.

  1. Lidah buaya dan tea tree oil

Selain menggunakan cara – cara di atas maka cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan campuran bahan alami seperti gel lidah buaya dengan tea tree oil. Kalian cukup mencampurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk seperti pasta, kemudian oleskan pada bibir anda yang bengkak. Setelah itu biarkan hingga bibir anda mengering, basuh menggunakan air dingin. Ternyata campuran ke dua bahan ini dapat membantu meredakan peradangan kulit serta dapat membantu dalam mengelola pembengkakkan pada kulit. Lakukan hal ini hingga berulang kali, sampai bibir anda yang bengkak reda.