Home Kesehatan Tips Kesehatan : Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Tips Kesehatan : Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Menjalankan Ibadah Puasa

77
0
Mengatasi Bau Mulut
Mengatasi Bau Mulut

Beritamu.co.id – Tips Kesehatan : Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Menjalankan Ibadah Puasa. Salah satu masalah utama yang kita hadapi saat menjalankan ibadah berpuasa adalah bau mulut yang tidak sedap. sebab bau mulut yang tak sedap tersebut akan mengurangi rasa percaya diri kita, terlebih lagi jika berbicara dengan orang lain. makanya bau mulut ketika berpuasa ini harus bisa di siasati.

Didalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut. Apalagi ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut. Nah, untuk mencegah dan mengatasi bau mulut dan nafas tak sedap sebaiknya lakukan tips – tips di bawah berikut ini !

  1. Minum air putih

Inilah dia salah satu cara untuk mencegah bau mulut ketika sedang menajalankan ibadah puasa yaitu dengan mengkonsumsi air putih. Sebaiknya minum air putih ketika sahur dan buka puasa sebanyak 8-10 gelas. Air putih juga berfungsi untuk menghindari dehidrasi dan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Oleh karena itu bau mulut akan di netralisir secara cepat.

  1. Jangan lupa menyikat gigi

Menyikat gigi memang hal yang sangat penting, terlebih lagi ketika sedang berpuasa. Supaya bau mulut tetap segar sebaiknya sikat gigi saat berbuka dan sahur, selain itu menggosoklah gigi dengan sempurna termasuk bagian lidah. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap. oh iya jangan lupa juga ya guys untuk berkumur dengan mouthwash. Dengan melakukan cara ini maka bau mulut kalian akan tetap segar dan wangi.

  1. Minum green tea

Tidak hanya itu saja lho kalian juga perlu minum green tea tanpa gula saat sahur, karena bisa membantu mengatasi mencegah terjadinya bau mulut. Teh hijau di percaya memiliki zat polyphenol yang berfungsi untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Di samping itu bagi kalian yang gemar merokok juga sangat baik minum teh hijau karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.

  1. Jangan tidur terlalu lama

Ini nih bagi kalian yang doyan banget tidur ketika berpuasa, ternyata tidur yang terlalu lama bisa memicu bau mulut yang tak sedap menjadi bertambah. Karena saat tidur terjadi penurunan produksi air liur yang bisa membantu mencegah perkembangan bakteri. tidur saat berpuasa memang menjadi salah satu cara alternatif untuk menahan rasa lapar. Namun, apakah kalian mau setelah bangun orang – orang di sekitar anda akan menjauhi kalian sebab bau mulut yang tak sedap tersebut ?

  1. Hindari makanan tertentu

Tidak hanya cara – cara d atas saja lho yang bisa kalian terapkan, namun cara selanjutnya yang bisa kalian gunakan yaitu menghindari makanan tertentu juga sangat penting. Seperti menghindari makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut. Selain itu Hindari makanan berbau kurang sedap seperti petai, jengkol atau durian.