Home Teknologi Teknologi : Pengertian Internet untuk Pengguna Internet Pemula

Teknologi : Pengertian Internet untuk Pengguna Internet Pemula

73
0
Ilustrasi Internet
Ilustrasi Internet

Beritamu.co.id Kabar Teknologi : Pengertian Internet untuk Pengguna Internet Pemula. Internet merupakan lah hal yang sudah tak asing lagi di telinga kita bahkan di zaman modern seperti saat ini kita sudah tak bisa lepas dari yang namanya internet.

Dalam kehidupan sehari – hari internet di gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita, seperti mencari informasi dengan mesin pencarian google kita sudah dapat mengetahui informasi apapun dengan cepat dan mudah, memudahkan kita untuk berhubungan/berinteraksi dengan orang lain seperti jejaring facebook yang sudah terkenal sekali, bahkan akhir akhir ini internet marak sekali di gunakan sebagai bisnis online untuk meraup penghasilan dan manambah keuntungan sehingga banyak sekali toko – toko online yang menawarkan dagannya di internet.

Apabila membahas internet, internet merupakan singkatan dari “interconnection-networking” yaitu seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Asal muasal internet yaitu pada awalnya di gagas dan bentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang dimana kita bisa melakukan interaksi atau komunikasi dengan jarak jauh melalui saluran telepon.

Misi pertama pembentukan proyek tersebut yaitu untuk keperluan militer yang di gunakan sebagai mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

namun seiring bejalannya waktu pada saat ini internet sudah dapat di nikmati oleh semua kalangan dengan berbagai fasilitas – fasilitas layanannya seperti email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH.

Di antara semua layanan tersebut yang kerap sekali di gunakan adalah email/surat elektronik dan www (world wide web). Tak hanya itu saja internet saat ini juga kerap sekali di gunakan untuk berinteraksi jarak jauh dengan orang di luar dengan program seperti pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter,Facebook dan lain sebagainya.

Dari maraknya penggunaan internet tentunya juga akan menimbulkan hal yang negatif bagi para pengggunanya seperti Pornografi, Violence and Gore, Penipuan, Perjudian dan lain – lainnya. sehingga haruslah pintar jika menggunakan internet. Sebaiknya di ambil positifnya saja yang bermanfaat untuk kita semua.